Rabu, 12 Februari 2014

SELAYANG PANDANG SAPMA PP KAB. INDRAMAYU

SATUAN SISWA, PELAJAR DAN MAHASISWA (SAPMA)
PEMUDA PANCASILA KABUPATEN INDRAMAYU






             PANCASILA ABADI....!!!

A.   PROFIL SAPMA PEMUDA PANCASILA KABUPATEN INDRAMAYU
Satuan Siswa Pelajar Dan Mahasiswa (SAPMA) merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang dilegalkan oleh Negara berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. Ada tiga hal penting mengenai pemuda di dalam UU tersebut, yakni menjadi pemuda yang memiliki kekuatan moral, control social dan menjadi agen pembaharu bangsa.
SAPMA Pemuda Pancasila merupakan organisasi kepemudaan yang ada di 33 Provinsi di Indonesia yang berideologi Pancasila. SAPAM merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang (para pemuda) berkumpul, bekerjasama, dan belajar dengan satu pemahaman berlandaskan ideologi pancasila, untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, dalam SAPMA lebih menekankan prinsip-prinsip solidaritas atau menekankan jiwa korsa untuk semua anggotanya.
Satuan Siswa Pelajar Dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kabupaten Indramayu merupakan salah satu lembaga dibawah naungan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Indramayu, yang orientasi pergerakannya lebih kepada kaderisasi dengan tujuan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Intelektualitas generasi muda.  selain itu, SAPMA merupakan tempat atau wadah orang berkumpul, bekerjasama, belajar bagi pemuda yang terikat dengan ideologi Pancasila, untuk mencapai tujuan bersama.
SAPMA PP Kab. Indramayu dengan ini bertujuan bersama untuk mencetak kader yang memiliki wawasan luas, berfikir kritis, serta berkarakter Pancasila. selain itu SAPMA PP Kab. Indramayu memiliki prinsip solidaritas atau jiwa korsa untuk semua anggotanya.

B.      VISI SAPMA PP KABUPATEN INDRAMAYU
“ MENCETAK KADER YANG MEMILIKI WAWASAN LUAS, BERFIKIR KRITIS, SERTA BERKARAKTER PANCASILA “.

C.      MANFAAT SAPMA PP KABUPATEN INDRAMAYU
SAPMA PP Kabupaten Indramayu tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat saja, akan tetapi terdapat banyak manfaat untuk anggotanya, antara lain :
1.       Melatih mental bicara di publik :
Mental berbicara didepan umum tidak setiap orang bisa peroleh dengan mudah, harus dengan pelatihan lama dan berkala. Sapma pp merupakan sebuah wadah yang tepat untuk pengembangan public speaking.
2.       Mudah memecahkan masalah :
Dalam sebuah organisasi permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi, entah karena perbedaan pendapat. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk.
3.       Melatih Leadership, Memperluas pergaulan, Meningkatkan wawasan dan pengetahuan, Membentuk karakteristik seseorang, Kuat dalam menghadapi tekanan, sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya dan Mampu mengatur waktu dengan sangat baik.

D.      KONSEKUESI AKTIF DALAM SAPMA PP KABUPATEN INDRAMAYU
Keaktifan anggota dalam sebuah organisasi, terutama SAPMA sangatlah besar peran dan pengaruhnya bagi organisasi. Oleh karena itu, dalam berorganisasi terutama di SAPMA perlu adanya konsekuensi dari setiap anggotanya, diantaranya :
1.       Waktu : kalian akan meluangkan sedikit saja waktu untuk berorganisasi.
2.     Tenaga : kalian akan sedikit terkuras tenaganya untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial.
3.       Pikiran : kalian akan ikut memberikan ide dari pikiran untuk mengembangkan organisasi
4.      Uang : kalian akan menyisihkan uang untuk menyumbang kas, kegiatan dll demi kebaikan bersama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar